Page

Tuesday, October 18, 2011

Brongkos


Sebuah teater dengan judul Brongkos dipertunjukkan di Taman Gor Palu. Adalah Teater Api yang dengan apik memainkan lakon tersebut. Komunitas teater yang berdiri sejak 30 Juli 1993 ini berusaha mengangkat realitas masyarakat yang diperbudak oleh perkembangan zaman. Bahkan, Brongkos ingin menunjukkan bahwa dunia ini palsu, tidak berotak dan tidak punya nyali.
Lakon tersebut bertempat di rumah sakit jiwa. Orang-orang gila yang diperbudak oleh moderenitas. Beberapa orang menjadi manekin, yang melambangkan moderenitas itu. Ada sebuah manekin wanita yang duduk di ayunan  dengan menggunakan gaun merah. Nampak anggun, namun berkuasa.
Kemudian, beberapa orang memainkan lakon sebagai manusia yang tak berotak. Menuruti apa saja yang diinginkan sang sang penguasa. Ada yang mencoba memberontak, namun tak cukup mampu untuk melakukannya.
Brongkos, secara umum sulit untuk diterjemahkan bagi orang awam. Luhur Kayungga sebagai sutradara mencoba menggunakan berbagai simbol yang mampu menggambarkan pesan yang ingin disampaikan. Setelah menyaksikan pertunjukan tersebut, dan kemudian mendengarkan diskusi yang dilaksanakan sesudahnya, penonton akan semakin jelas dengan maksud dari pertunjukan tersebut. Bahkan semakin merasa takjub dengan lakon yang dimainkan dalam Brongkos.

No comments:

Post a Comment