Page

Saturday, June 1, 2013

Iklan Good Time Mini Cookies Berbahaya Bagi Anak!



Good time yang merupakan pruduk dari PT Arnott’s Indonesia kembali hadir dengan good time mini.
Produk makanan ringan dengan rasa dominan coklat menjadi salah satu produk yang sudah sangat lama hadir di tanah air. Produk ini menjadi salah satu produk kegemaran bagi anak-anak.

Beberapa waktu belakangan produk ini jarang tampil di di layar kaca. Kemudian akhir-akhir ini dengan new  produk yaitu Good Time Mini Cookies, setiap saat dapat kita saksikan di layar kaca. Pasti kalian penah melihat disaat komersial break, disela-sela acara kesayangan anda.


Salah satu versi iklan produk ini ialah saat anak-anak (anak SD) di sebuah bus (seperti bus sekolah) memakan produk tersebut. Awalnya salah seorang anak, memakannya normal-normal saja. Mengambil dari kemasan, lalu memasukan ke dalam mulut. Mengunyah dan ekspresi nikmat rasa coklat. Kemudian, timbul ide dari si anak untuk memakan dengan cara tidak biasa. Si anak yang duduk di kursi jejeran depan, melemparkan sebuah good time mini cookies ke jendela, lalu lari ke belakang siap menangkap good time yang dilemparkannya tadi dengan mulutnya dari jendela ujung bus. Namun sayang, si anak lain lebih dulu menangkap dengan cara yang sama dipikirkan oleh si anak yang pertama tadi. Terus dimana berbahayanya bagi anak?

Jelas dalam hal ini, mengeluarkan kepala dari jendela saat bus atau kedaraan roda empat melaju di jalanan merupakan tidakan yang salah. Hal ini sangat berbahaya, karena segala kemungkinan dapat terjadi yang bisa menyebabkan hal buruk bagi siapa saja terutama anak. Kemudian dengan membuka mulut, hal ini juga sangat tidak masuk akal dan sangat tidak sehat bagi si anak.

Sudah sangat banyak penelitian yang dilakukan terhadap dampak negatif iklan atau media bagi anak. Bagaimana media dapat mempengaruhi perilaku seseorang sehingga orang tersebut dalam hal ini anak akan meniru apa yang mereka saksikan tersebut. Dalam hal ini, salah satu fungis media ialah untuk mendidik. Namun, mendidik dapat dilakukan dengan benar dan juga dengan cara yang salah. Dalam jenis iklan yang seperti ini dapat dikatakan sebagai cara mendidik yang salah bagi anak. Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi anak dan celakanya produk tersebut merupakan produk dengan target pasar anak-anak. Dalam hal ini sudah dapat dipastikan iklan yang dibuat ditujukan bagi anak, untuk membujuk anak agar membeli produk tersebut dan sekaligu meniru apa yang dilakukan dalam iklan tersebut. Masih ingatkan dengan produk Oreo yang sampai saat ini "Diputar, Dijilat, dan Dicelupin" masih dilakukan oleh anak-anak saat memakan produk tersebut. Lalu, bagiaman jika apa yang dilakukan dalam iklan good time tersebut sampai benar-benar dilakukan oleh anak-anak?

2 comments:

  1. baru saja saya ingin menulis tentang ini mas, memang bener banget dampaknya akan tidak baik karena anak kecil khan tahunya mencontoh saja... semoga pembuat iklan yang lain tidak menconton ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai orang yang dewasa harus tau mana yang baik untuk anak dan yang tidak, khususnya dalam hal tayangan televisi...

      Delete