Page

Monday, July 15, 2013

Beasiswa ITEC: Incredible India!!

Informasi beasiswa ini saya peroleh dari teman satu club yang saya dan teman-teman bentuk Kota Palu, Salah seorang anggota Maestro English Club telah memperoleh beasiswa ITEC pada tahun 2012. Setelah memoperoleh sejumlah informasi dari teman saya itu, akhirnya saya mecoba mengirimkan aplikasi untuk mengikuti langkahnya menginjakan kaki di negeri Mahatma Ghandi tersebut.

Langkah pertama ialah mencari informasi sebanyak-banayaknya. Saya mengunjungi situs ITEC dan mendownload formulir dan brosurnya (klik disini). Ada banyak pilihan short course yang disediakan oleh Pemerintah India dalam besiswa tersebut. Kita harus memilih sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga nantinya dapat menunjang karir yang kita miliki. Setelah mengetahui semua syarat dan ketentuannya, maka selanjutnya ialah melengkapi segala dokumen yang dibutuhkan.



Selain mengisi data diri, dokemen lain yang dibutuhkan ialah surat keterangan dokter, rekomendasi dari atasan tempat anda bekerja, dan nilai TOEFL. Untuk rekomendasi dari atasan, sesuai saran teman saya, saya membuat dalam dua versi. Versi pertama yang telah disediakan dalam formulir ITEC dan yang kedua saya membuat versi saya sendiri, atau lebih tepatnya versi teman saya yang telah lulus sebelumnya itu (hehehe..).

Setelah semua lengkap, dan mengecek beberapa kali sesuai dengan petunjuk yang ada, maka saya siap mengirimkannya ke konsulat India yang ada di Bali. Ada hal yang menarik dalam proses saya mengikuti beasiswa ini. Awalnya saya mengambil kursus Progress to Proficiency – Intermediate pada The English and foreign Languages University (EFL-U), Hyderabad. Kursus yang mulai tanggal 1 Januari tersebut ternyata telah penuh. Belum lagi waktu yang sangat mepet, sebab saya baru mengirim aplikasi pada minggu kedua bulan Desember. Sehingga hal tersebut sangat tidak memungkinkan. Beruntungnya, Pemerintah India masih memberikan kesempatan dengan memberikan dua pilihan kursus yang memungkinkan saya ikuti. Akhirnya, pilihan saya jatuh pada Certificate of Proficiency in English Communication pada Aptech Limeted di New Delhi. Deadline tinggal beberapa hari lagi, saya masih berkutat dengan sejumlah dokumen karena memilih kursus yang baru maka saya harus membuat dan mengirimkan semua dokumen kembali. Kembali keberuntungan ada di pihak saya, mengingat jika dikirim via post akan terlambat, maka saya dibolehkan mengirimkan lewat email :D

Seminggu waktu berselang, saya harap-harap cemas karena kursus dimulai 16 Januari, sedangkan saat itu sudah di awal januari. Email sudah dicek berkali-kali, namun tidak ada jawaban selain notifications FB atau twitter. Kemudian, teman saya yang dari Palu dan juga mengikuti beasiswa ini namun berbeda kursus dan tempat kursus sudah mendapatkan jawaban bahwa dia sudah diterima. Saat itu masa-masa tergalau dalam hidup selain putusin pacar atau diPHPin (lha..???). Dan, akhirnya telepon berdering, nomor telepon rumah kode Bali, saat mengatakan hello, terdengar jelas seorang pria diujung telepon yang berbicara dalam Bahasa Inggris dalam India's Style :D. Dan saat itu, Mr. Manoj mengatakan bahawa sasya memperoleh beasiswa ITEC dan segera mengurus paspor. Kemudian sebelum tanggal 16 harus segera ke Bali  untuk mengurusi Visa izin belajar.

Paspor telah siap, baju juga telah dimasukan ke dalam koper, siap menuju Bali. Setiba disana saya langsung mengrusi visa, sehari pun kelar. Besoknya saya sudah menuju Delhi. Tak lupa mempersiapkan diri, karena saat itu bulan Januari, masih masuk musim dingin, jeket tebal menjadi satu perlengkapan wajib (ingat pesan orang konsulta). Setiba di Bandara Internasional Indira Gandhi, kami (saya bertemu dengan anak kendari yang juga seprogram dengan saya), dijemput oleh pihak Aptech. Malam itu kami langsung diantarkan ke Stallions Hotel, tempat kami dan teman-teman dari negara lain akan menginap selama dua bulan kedepan. Setiba di hotel langsung mengisi bahan bakar alias yukul dan setelah itu tertidur pulas. Mengambil waktu untuk istirahat karena besok akan banyak hal yang harus dikerjakan!

20 comments:

  1. wah, assiiiik bgt nih, sy jg pengen coba jadi nya

    ReplyDelete
  2. oh ya, apaakah untuk mengikuti short course tsb harus lulus kuliah dulu atau harus udah kerja dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tahu dari Indonesia harus lulus kuliah dulu karena sempat bertemu dengan teman dari Indonesia tapi program berbeda mereka semua sudah lulus. Tapi ada dari negara lain yang sedang kuliah namun bekerja bisa ikut. Emangnya masih kuliah?

      Delete
  3. Wah saya juga apply ITEC dengan program English and IT Skills mas, untuk periode Okt-Des 2013. waktu itu naik maskapai apa kesananya mas? gimana pengalaman selama di New Delhi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah itu di di Aptech. Saya lalu naik malaysia airlines kurang lebih tujuh jam dan transit di KL. Pengalamannya sangat luar biasa. Jadi pengen kesana lagi... hehe.. Semoga mas juga terpilih ke india.. amin..

      Delete
  4. wah, keren banget, kak. jadi pengen juga. semoga saya beruntung jg :')

    ReplyDelete
  5. Thanks so bisa sharing, InsyaALLAH pengen coba yg program 2 minggu

    ReplyDelete
  6. Mau Tanya< untuk pengiriman applikasinya kemana ya? Apakah langsung ke Konsulat Indianya? Saya sudah mencoba menanyakan hal tersebut ke Bagian edukasi Kedutaan India di Jakarta< namun saya disarankan bertanya lebih lanjut ke kementerian Sekretaris Negara. Mohon Bantuannya. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawa proses pengirimannya beda mas. Gak langsung berhubungan dengan konsulat india di Bali. Temanku yang di Jakarta dan juga pernah dapat beasiswa ini ngasih kontak yang bisa dihubungi. Minta alat emailnya, entar saya kirim... #fighting! :D

      Delete
  7. email saya : kennedi.sg@gmail.com
    Terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  8. Halo Mas Ade, setelah melihat ini saya jadi berminat untuk ikut serta, Hanya saja lihat persyaratannya minimum pengalaman kerja 5 tahun, sedangkan saya baru bekerja tahun 2013 :(
    Selain itu usia juga min 25 sedangkan saya 24.
    Tapi saya tetap mau coba apply, saat ini saya di jakarta, kalau boleh tau, kontak yang bisa dihubungi di jakarta apakah Mr Pradeep Gupta?
    Oh ya boleh tidak lihat contoh surat rekomendasi dengan format sendiri itu? Kalau di sektor swasta, apa boleh minta rekomendasi ke senior manager ya?
    Kemudian, saya kok tidak menemukan format surat rekomendasi dan syarat dokumen yang harus dikirim di website itec yah?
    berikut email saya, jika mas berkenan : h2hcurhat@gmail.com

    terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya baru membalas komen anda. Beberapa waktu yang lalu saya tidak sempat mengecek blog ini. Maaf saya belum bisa jawab sekarang, boleh email saya saja di sini adenuriadin@gmail.com

      Delete
  9. Slamat pagi,
    salam kenal, saya sulfi stelah membaca tulisan anda saya tertarik ttuk mendaftar beasiswa ini, tapi ada sedikit kendala yg saya hadapi, mengenai poin 6 kolom remarks, kira-kira apa yang harus saya tuliskan pada kolom itu?
    mohon bantuannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. score untk toeflnya brapa yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya diaplikasinya tidak ada keterangan standar toefl. Tapi sebaiknya di atas 450

      Delete
  11. Mas stelah selesai kursus ada kewajiban secra specifik ga ke India gov? Misal bkin report progress? Saat ini saya juga sedang dlam proses. Mksh.

    ReplyDelete
  12. untuk report dibuat pada saat akhir kegiatan, atau setelah selesai kegiatan yang dikirim ke keduataan India di Indonesia

    ReplyDelete