Page

Sunday, April 14, 2013

Screening Special To Go To Solo 2013!

Dua sutradara asal Palu, Yusuf Radjamuda dan Eldiansya Latif, harus berbangga. Kenapa tidak kali ini film pendek mereka masuk ke dalam tiga puluh besar film yang lolos tahap seleksi awal. Cukup membanggakan, karena festival yang memiliki kualitas penjurian tidak boleh dianggap sepele itu menjadi salah satu festival film pendek yang paling bergengsi di tanah air. Para senias muda baik sudah lama bekecimpung di dunia perfileman maupun yang baru nyempulng turut mengirimkan karya-karya mereka. Dan, akhirnya wakil dari "Kota Kaledo" bisa melangkah ketahap selanjutnya dan merasakan atmosfer sebuah festival film bergengsi di tahun 2013 ini.
Untuk menuju Solo, maka kedua sutradara dan para simpatisan menggelar pemutaran sepsial yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2013. Taman Budaya Golni menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut. Malam itu, cukup ramai dikunjungi oleh para penonton, pemerhati film, maupun para pekerja seni lainnya. Setelah usai, diskusi pendek menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan. Berbagai pertanyaan dan komentar timbul mengenai kedua film tersebut. Dari yang mendukung, mengkritik, sampai ada yang menyampaikan sama sekali tidak mengerti apa maksud dari kedua film tersebut.
Kali ini kedua sutradara muda Kota Palu itu berusaha untuk mencoba hal yang baru. Yusuf Radjamuda yang lebih diakrab Papa Al tersebut hadir dengan "Taman Belakang" yang butuh kejelian dalam menonton. Film ini juga memberikan kebebasan kepada penonton untuk mengintepretasikan pesan-pesan yang disampaikan. Sedangkan, Eldiansya Latief (Anca) mencoba menghadirkan karya yang sama sekali berbeda dari karya mereka sebelumnya, dan ini sangat menggelitik. Bagi para penonton dapat memperoleh informasi kerja dibelakang layar seperti apa? Namun lebih jauh lagi, kayra mereka "Umar Amir" syarat dengan makna filosofis dan ketika saya menonton film ini saya teringat akan novel "Dunia Sophie". Dibalik semua itu, Screening Special, kali ini dapat dibilang salah satu bentuk upaya para pembuat film pendek di Kota Palu untuk secara independen mempertahakan karya dan kreatifitas mereka. Goodluck!

No comments:

Post a Comment