Page

Thursday, September 5, 2013

Interview Bersama Putri Langsung Dari USA!!


Satu lagi gadis asal Palu yang punya banyak prestasi. Tidak hanya tingkat lokal dan nasional, tapi juga mampu menunjukan eksistensi dirinya lewat ajang global. Dia adalah Putri Irnawati, lahir di Palu, 15 Januari 1989. Gadis berjilbab ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara  pasangan Bapak Drs.Irwan Gagaramusu ( Alm) dan Ibu Dra. Setiawaty. Mengaku memiliki hobi travelling, renang, baca buku , dan baru-baru ini mencintai extreme sport. Dan memiliki cita-cita kerja di NGO Internasional khususnya bidang masyarakat adat dan Anak. Namun saat ini dia mulai berfikiran untuk menjadi travelling writer. Berikut kutipan wawancara bersama putri via Facebook langsung dari Miami, Florida, USA.


Putri, pretasi apa yang pernah diraih dan beasiswa apa saja yg didaptkan?
Saat duduk di bangku SMP dan SMA  memenangkan lomba debat dan baca puisi. Kemudian saat di jenjang universitas Juara 2 lomba International Mootcourt, Lomba Debat BahasaInggris se-Indonesia Timur, Asean Youth Camp 2012, Duta Pariwisata Sulteng 2012 ( Menang Duta Intelektual SeIndonesia), Indonesia – Canada Youth Exchange Program 2009-2010, Community College Intiative Program ( Fullbright) 2013- 2014.

Pernah gagal dalam mencapai sesuatu termasuk dalam beasiswa?
Menurut saya,gagal itu tangga menuju target. Sebelum sampai di titikini,saya pernah ditolak dalam program beasiswa ADS, juga tidak menerima respond dari NGO yang saya apply.

Saat gagal apa kemduian yang dilakukan?
Melewati fase kekecewaan sewajar mungkin. Mencoba merivisi isiana plikasi yang dikirim, menjalin komunikasi dengan orang-orang yang pernah sukses sebelumnya. Dan yang terpenting berdo’a dan percaya terhadap kemampuan dir isendiri.

Pencapain terbesar yang sudah diraih saat ini? apa yang ingin diraih dikemudian hari?
Hmmm... Pertanyaan yang sulit, Sejauh ini setelah mempelajari dan observasi selama menjalani program pertukaran pemuda saya telah melakukan beberapa workshop dengan masyarakat desa, member edukasi tentang pengelolaan limbah dan terlibat aktif dengan karang taruna. Alhamdulillahsaat ini di desa tersebut telah membuat kemajuan dan para pemuda pun ikut termotivasi untuk mengikuti ajang-ajang internasional. Menurut saya, perubahan kecil itu termasuk pencapaian yang saya peroleh. Saya ingin eksistensi saya dapat member manfaat bagi orang lain. Tidak saja, terus beruasaha untuk mencari pendidikan di negara-negara maju tetapi juga berbagi pengalaman dan ilmu dengan orang lain sehingga mereka pun ikut termotivasi untuk terus mencari ilmu dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Bagaimana pengalaman belajar di luar negeri, khsusunya USA?
Saya belajar di Miamai Dade College, Miami, Florida. Saya mengambil jurusan Tourism and Hospitality Management (bertolak belakang dengan background ilmu saya). Sejauh ini belajar d USA berjalan dengan lancar. Para professor sangat cooperative and enjoy, tugas-tugas yang diberikan mengasah kemampuan analisis.Teknologi merupakan sesuatu yang mutlak karena hamper semua aktivitas akademik dilakukan secara online seperti mengirim tugas-tugas kepada professor, professor akan mengrimkan syllabus dan notifikasi akademik melalui account online (kalau di Miami Dade College disebutnya akun “Angel”) etc. Big No untuk plagiet. Disini para professor menggunakan software yang bias mendeteksi plagiet alias copy paste. Jadi semua tugas yang diberikan harus berdasarkan hasil pemikiran sendiri. Dan being On time is Important. Lambat akan dianggap sangat tidak menghormati professor. Selain itu, sekelas dan berinteraksi dengan American Student itu “ sesuatu “. Tegang-tegangg managitu, karena takut di anggap aneh!! Secara penampilan berkerudung dan aksen bahasa yang mungkin aneh bagi mereka tapi so far so good.

Kesulitan yg dihadapi dan cara mengatasinya?
Kesulitannya itu harus mandiri dan bertangung jawab sepenuhnya terhadap diri sendiri sebagai representasi bangsa. Karena bagaimana kita bersikap disini, orang-orang akan melihat kita sebagai Indonesia bukan hanya sebagai personal semata. Kalau saya bersikap sewajarnya saja.Tentu saja saya enjoy dan having fun disini serta bergaul dengankomunitas tetapi saya tidak lupa dengan norma-norma yang saya yakini dan jalani sebelumnya. So, it’s about how to balance your life..!!!

Setelah balik ke Indonesia apa yang akan putri lakukan?
Rencana setelah pulang ke Indonesia, saya ingin mencoba menulis buku seputar pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan dan berharap kalau buku itu bisa menjadi motivasi bagi orang lain untuk terus berusaha mengejar cita-cita. Selain itu, Insya Allah kalau memungkinkan saya ingin travelling keliling indonesia dan melakukan research tentang keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan pariwisata.. Aminn..!!


Nah, Palu Bagus mari kita doakan seaja semoga keingian teman kita ini dapat terwujud dikemudian hari..!!

No comments:

Post a Comment