Page

Monday, July 25, 2011

Alumni: Kenang-Kenagan Harusnya Buku

Lagi-lagi soal buku. Tak ada yang lebih berharga selain buku. Bagaimana seseorang membuat sebuah buku yang bermanfaat itu bukan hal yang mudah (sebab saat ini saya belum bisa mewujudkan keinginan saya itu). Buku adalah suatu pemikiran yang matang. Melalui proses yang tidak singkat, dan butuh pemikiran, ketekunan, serta kreatifitas.
Disina tak akan membahas buku lebih jauh. Tapi hanya memberikan sebuah saran bahwa sebaiknya kenang-kenang seorang mahasiswa terhadap almamaternya adalah buku. Mengapa buku?
Tak perlu dipaparkan fungsi buku. Tapi coba bayangkan jika setiap lulusan universitas menyumbangkan sebuah buku kepada universitasnya? Saya akan mecontohkan Universitas Tadulako yang merupakan universitas tempat saya mengambil S1. Setiap tahunya Untad dapat meluluskan kurang lebih tiga ribu lulusan, dan bahkan juga lebih. Jika tiap tahun ada tiga ribu sumbangan buku, maka betapa kayanya sebuah universitas.
Saya sudah bisa bayangkan akan ada sebuah universitas dengan jumlah buku yang begitu banyak. Mahasiswa yang kuliah dapat memanfaatkannya untuk membuat tulisan-tulisan kreatif dengan pemikiran-pemikiran yang lebih segar. Dan masih banyak manfaat yang dapat dipeoleh. Bagitu banyak....!!!

No comments:

Post a Comment