Page

Thursday, November 7, 2013

Berkenalan Dengan Luhmaan di Awal Semester!

Memasuki lingkungan baru yang terpenting yang harus dilakukan adalah beradaptasi. Setelah selesai kuliah pada tahun 2010 dan kemudian mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan S2 di tahun 2013 ini lewat jalur BPPDN Dikti, tentu saja saya harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perkuliahan yang baru. Jelas pendidikan pada jenjang strata satu tidak sama dengan jenjang master, dan memang itu kenyataannya.
Satu hal yang membuat saya sedikit butuh pemahaman ekstra ialah saat membaca teori sistem yang dikemukakan seorang sosiolog German, Niklas Luhmann. Pada mata kuliah sistem dan aktor yang di bawakan oleh Mba Hermin (Salah satu dosen pada Pasca Ilmu Komunikasi UGM), Luhmann diperkenalkan. Luhmann salah satunya sosiolog yang menyatakan bahwa "Society is communication", sejauh ini sangat menyenagkan bagi yang belajar Ilmu
Komunikasi mendengar pernyataan itu. Namun disisi lain, teori yang dikemukakannya tidak sesimpel yang kita bayangkan ditambah masih dalam teks bahasa Inggris yang terbatas. Namun makin lama, berkenalan dengan pemikirannya, seperti menemukan hal baru dalam melihat Ilmu Komunikasi itu sendiri. Seperti penyataannya yang menyebutkan "hanya komunikasi yang mampu berkomunikasi", namun hal ini dapat sedikit masuk akal saat membaca penyataanya yang menyatakan "bahwa komunikasi yang dilakukan saat ini ditentukan oleh komunikasi sebelumnya".
Nah, dari beberapa clue itu kita bisa sedikit meraba, dan ini atas pemahaman saya, bahwa hanya komunikasi yang dapat berkomunikasi itu berkaitan dengan pandangan Luhman bahwa tidak ada komunikasi yang tidak didasari oleh komunikasi sebelumnya. Apa yang kita ungkapkan saat ini adalah hasil dari komunikasi yang kita lakukan sebelumnya. Tidak ada komunikasi yang tidak dipengaruhi oleh komunikasi yang ada di masa lampau. Bahkan kesuksesan komunikasi yang ada saat ini ditentukan oleh komunikasi di masa lampau.
Banyak hal yang kemudian menarik dari pemikiran Luhmann, namun saya akan membahasnya dalam tulisan berikutnya. Setidaknya perkenalan kami telah sedikit lebih intim, dan mulai saling memahami, atau lebih tepatnya komunikasinya sudah sedikit berjalan efektif. :)

No comments:

Post a Comment